A Free Template From FTI

DATE_FORMAT_LC2

Matakuliah Progdi Teknik Informatika

 

UPN1006               Pancasila                              2 SKS

Pemahaman sejarah pertumbuhan bangsa dan negara serta Pancasila maupun UUD 1945, sistem hukum nasional dan ketatanegaraan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dinamika pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945, Pancasila sebagai filsafat sistem etika, Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional dan aktualitas dalam kehidupan kampus.

-            Prasyarat: -

 

UPN1010              Bahasa Inggris I                 2 SKS

·          Wacana-wacana Bahasa Inggris yang berkaitan dengan sains dan teknologi

·          Wacana-wacana yang berkaitan dengan penggunaan gramatika bahasa

-            Prasyarat: -

 

FTI 1001                              Kalkulus I                                      3 SKS

Pengertian berbagai kelas fungsi real

Pengertian dasar tentang limit fungsi

Pengertian dasar tentang diferensial dan derivative berbagai kelas fungsi dengan aplikasinya

Teknik pengintegralan dari berbagai kelas fungsi

-            Prasyarat: -

 

FTI 1002               Fisika                                                          3 SKS

Besaran, sistem satuan, vektor, kinematika partikel, dinamika partikel, kerja dan energi, dinamika rotasi, elastisitas, statika fluida, dinamika fluida, thermometri, kalorimetri, perpindahan panas. Tetapan pegas, hukum Boyle, kecepatan suara di udara, percepatan gravitasi bumi, rapat massa benda cair dan padat, indeks bias lensa dan zat cair, amperemeter dan voltmeter.

-            Prasyarat: -

 

ISI 3001                          Sistem Digital                                               3 SKS

Sistem Bilangan : penjelasan sistem digital dan analog, sistem bilangan biner, octal, desimal dan heksadesimal, konversi sistem bilangan, BCD Codes, Excess-3, 8-4-2-1, Gray Codes Aljabar Boolean : tabel kebenaran untuk OR, AND. NOT, XOR, NAND. gerbang logika, fungsi-fungsi logika dan implemantasinya ke dalam gerbang logika, bentuk SOP dan POS

Penyederhanaan Fungsi Boolean : penyederhanaan fungsi boolean secara matematis dan Teori De Morgan, penyederhanaan dengan K-Map, penyederhanaan dengan Tabulasi, kondisi Don't   Care

-            Prasyarat: -

-    

FKK1004             Pengantar Teknologi Informasi                    2 SKS

Sejarah Komputer, Sejarah Internet. Perangkat Keras Komputer: Unit Sistem komputer, Penyimpanan Data: Unit Input, Unit Output. Perangkat Lunak Komputer: Perangkat Lunak Sistem. Lanjutan Perangkat Lunak Komputer: Perangkat Lunak Aplikasi. Konsep Perangkat Lunak Aplikasi: Jaringan Komputer, Superhighway untuk informasi digital. Internet dan WEB: Pemahaman internet, WEB, Email. Lanjutan Internet dan WEB: Electronic Commerce, Pembuatan Web Page. Pembuatan Sistem Informasi: Konsep Sistem Informasi, Konsep Sistem Informasi Manajemen. Lanjutan Pembuatan Sistem Informasi: Konsep Analisis dan Desain Sistem. Lanjutan Pembuatan Sistem Informasi: Bahasa Pemrograman, Trend Teknologi Informasi. Profesi di bidang Teknologi Informasi.

-            Prasyarat: -

 

ISI 1002               Bahasa Pemrograman 1 (Java)                   3 SKS

Pengenalan komputer dan pemrograman: komputer yang lalu dan sekarang, komponen- komponen komputer, pemecahan masalah dan pemrograman, pemrosesan program bahasa level-tinggi. Algoritma: representasi algoritma, contoh algoritma yang efisien, flow chart. Pengenalan bahasa pemrograman C: tipe dan data dasar C, deklarasi variabel dan inisialisasi, operator-operator (matematika, bitwise, relasi dan logika), evaluasi ekspresi, hirarki operator, type casting. Struktur kontrol C: seleksi-if then else, switch; iterasi-for, while; do-while, pentingnya pemrograman terstruktur C. Gambaran umum tentang header file pustaka. Input/Output: I/O (buffer-character, string, formatted, unformatted), pengecekan kesalahan, I/O ke/dari string karakter, tipe data FILE, pengecekan kesalahan I/O. Fungsi dan persoalannya: fungsi, passing parameter dengan nilai, tipe data C lanjutan, jangkauan variabel, pre processor C, pilihan-pilihan kompiler C, makro dan konstan. Pointer dan array: fungsi passing parameter dengan alamat, aritmatika pointer, penyediaan memori, pembebasan memori. Tipe data abstrak: statemen typedef, struktur, penunjuk ke fungsi, linked-list. Penunjuk dan tool Pengembangan Program: penunjuk ke fungsi, make. Revisi.

-            Prasyarat: -

 

ISI 1001                 Praktikum Bahasa Pemrograman I            1 SKS

Terdiri dari beberapa modul dasar yang merupakan tugas untuk penerapan dari: Tipe data dan tipe data lanjut, Pemrograman terstruktur dan rekursi, Pointer dan Struktur Data, Pengenalan Grafik dan Penanganan File. Tugas akhir berupa perancangan dan pembuatan program untuk menyelesaikan satu permasalahan sederhana.

-            Prasyarat: -

 

UPN 1001                            Agama Islam                                2 SKS

Konsep ketuhanan dalam Islam, Hakikat manusia rnenurut Islam, Hukum, HAM dan demokrasi, Etika, moral dan akhlak, Ipteks dalarn lslam, Kerukunan antar umat beragama, Masyarakat madani dan kesejahteraan umat, Kebudayaan Islam, Sistem politik Islam.

-            Prasyarat: -

-             

-             

-             

UPN 1002                           Agama Katolik                              2 SKS

Pengenalan teologi, filsafat, agama sebagai fenomena manusia, unit-unit dogmatika, unit etika sosial dan doktrin sosial gereja, misteri tri tunggal gereja dan kerasulan awan, liturgi suci gereja ekonema.

-            Prasyarat: -

-            Pustaka: -

 

UPN 1003                               Agama Kristen Protestan                                  2 SKS

Pengertian dan peekembangan agama Kristen Protestan, konsep-konsep agama Protestan sehubungan dengan alam dan manusia.

-            Prasyarat: -

-            Pustaka: -

 

UPN 1004                          Agama Hindu                                 2 SKS

Pengertian dan perkembangan agama Hindu, hubungan Hindu dengan alam dan manusia, konsepsi-konsepsinya.

-            Prasyarat: -

-            Pustaka: -

-    

UPN 1005                             Agama Budha                             2 SKS

Pengertian dan perkembangan agama Budha, hubungan Budha dengan alam dan manusia, konsepsi-konsepsinya.

-            Prasyarat: -

-            Pustaka: -

 

UPN 1007                      Kewarganegaraan                             2 SKS

Pengantar pendidikan kewarganegaraan, Hak asasi manusia, Hak dan kewajiban warga negara

Demokrasi, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Politik dan strategi nasional              

-            Prasyarat: -

-    

FTI 1203               Kalkulus 2                       3 SKS

Teknik-teknik pengintegralan, Penerapan integral tertentu, Berbagai bentuk fungsi transenden

Limit bentuk tak tentu dan integral tak wajar, Deret tak hingga, Persamaan parametrik dan koordinat kutub, Pengantar geometri datar dan ruang dengan pendekatan vektor

-            Prasyarat:  KalkuIus I

 

FTI 1204                  Aljabar Linier dan Matrik                      3 SKS

Sistem persamaan linier (SPL) operasi baris elementer, eliminisasi Gauss, eliminasi Gauss-Jordan. SPL homogen, matriks dan operasinya, matriks identitas, matriks invers. Fungsi determinan. Ruang vektor R-2 dan R-3, norma vektor, perkalian titik. Perkalian silang, garis dan bidang dalam ruang R-3. Ruang vektor R-n, subruang, kombinasi linier. Konsep rentang (span), independensi linier. Basis dan dimensi suatu ruang vektor, ruang baris, ruang kolom. Ruang perkalian dalam. Basis ortonormal, algoritma Gramm-Schmidt. Perubahan basis. Transformasi linier, kernel vektor eigen, tuang eigen. Persamaan karakteristik. Diagonalisasi, diagonalisasi ortogonal, matriks simetrik.

-            Prasyarat: -

 

UPN 1012                         Widya Mwat Yasa                           2 SKS

Pemahaman arti dan makna Widya Mwat Yasa, pemahaman tentang jatidiri perorangan, lembaga dan bangsa, eksistensi kebenaran dan nilai Widya Mwat Yasa, wajah Widya Mwat Yasa sebagai teori/ajaran dan sebagai jatidiri UPN “Veteran” yang mengandung nilai kejuangan bangsa, inti ajaran dan model kepemimpinan Widya Mwat Yasa.

-            Prasyarat: -

-            Pustaka: -

-    

ISI 3002                               Struktur Data (C++)                       3 SKS

Modularitas, penyembunyian informasi; abstraksi data. Pengertian rekursi, contoh penyelesaian secara rekursi dalam penjumlahan dua bilangan, perkalian dua bilangan, membalik string, tower of hanoi. ADT stack, penggunaan stack untuk mendeteksi jumlah kurung, penggunaan stack untuk mengevaluasi postfix. ADT queue, representasi queue (sekuensial, linked), penggunaan queue dalam sistem operasi dari simulasi. ADT list; representasi list (sekuensiai, linked), linier linked-list, circular linked-list, two-way linked list, linked list dengan header, generalized list, aplikasi dari generalized list. ADT string, beberapa representasi string, alokasi memori dinamis (heaps, first-fit, best-fit, fragmentation & coalescing). Konsep tree, binary tree, representasi binary free (sekuensial), aplikasi binary tree (heaps & priority queue), traversing binary tree, binary search tree, tree AVL, penyusunan tree AVL menggunakan penyisipan dan rotasi, tree 2-3, pengkodean Huffman. Konsep graph, representasi graph, graph searching, topological ordering, shortest path, task network. ADT tabel, hashing, collision, cluster, algoritma hashing dengan open addressing, pemilihan fungsi hash, perbandingan metode searching pada beberapa representasi ADT tabel. Pengertian sorting, metode sorting berbasis priority queue (priority queue sorting, selection sort, heap sort), metode sorting berbasis divide-and-conquer (mergesort, quicksort), metode sorting berbasis penyisipan (insertionsort, treesort), metode sorting berbasis perhitungan alamat (proxmapsort, radixsort), metode sorting lain (shellsort, bubblesort).

-   Prasyarat: -

 

ISI 4002           Praktikum  Struktur Data           1 SKS

Terdiri dari beberapa modul yang merupakan tugas untuk mengimplementasi beberapa bentuk struktur data: stack, linked-list, sorting, tree, graph, dan pohon silsilah.

-            Prasyarat: Struktur Data

ISI 4103                Praktikum Bahasa Pemrograman 2            1 SKS

Terdiri dari beberapa modul dasar yang merupakan tugas untuk penerapan dari: debugging program, komputasi matematika, komputasi statistika, pengolahan kata/string, kalender dan bilangan, fisika, pointer dan operasi file.

-            Prasyarat: Praktikum BP 1

-    

FTI 2107                    Metode Numerik                        3 SKS

Sistem bilangan dan kesalahan numerik: angka signifikan, akurasi dan presisi, definisi kesalahan, kesalahan dan pembulatan, kesalahan pemotongan. Eiiminasi gauss: penyelesaian permasalaha, formula eliminasi Gauss, kesalahan metode eliminasi, perbaikan penyelesaian. Metode Gauss-Jordan, algoritma komputer untuk Gauss Jordan. Matriks inversi dan Gauss seidel. Solusi akar persamaan I: metode grafik, metode biseksi. Solusi akar permasalahan II: metode Regula Falsi modifikasi, penelusuran bertingkat dan penentuan nilai awal. Metode iterasi dan Newton-Raphson. Secant dan akar ganda. Regresi linier: kriteria nilai terbaik, pencocokan kuadrat terkecil untuk sebuah garis lurus, kesalahan regresi linear. Regresi polinomial dan berganda: formulasi regresi polinomial, forrnulasi regresi berganda, interpolasi linier dan kuadratik. Interpolasi Newton: polinomial interpolasi, kesalahan polinomial, interpolasi Newton. Interpolasi Lagrange. Interpolasi spline linier, spline kuadratik, spline kubik. Integrasi Newton-Cotes. Aturan Simpson, integrasi segmen berbeda, formulasi integrasi terbuka. Solusi diferensial Euler: metode euler, modifikasi dan perbaikan metode euler. Solusi diferensial Range-Kutta:metodeRange-Kutta, Range-Kutta orde 1, 2, 3.

Prasyarat: Kalkulus1 & 2, Aljabar linier dan matriks

ISI 2002                Matematika Disrit                          3 SKS

Himpunan dan proposisi, pengantar bahasa formal, finite state machine, permutasi, kombinasi dan probabilitas diskrit, Relasi fungsi, analisa atgoritma, fungsi numerik diskrit dan fungsi pembangkit. Relasi recurrent dan algoritma rekursif. Group dan ring. Aljabar Boolean. Definisi graf, lintasan, derajat, keterhubungan, Eulerian dan Hamiltonian. Definisi tree, rooted tree, ordered dan binary tree, jarak, spanning tree, cut-set, sirkit. Aliran jaringan, isomorphic. Graf planar dan kualitas. Digraf: derajat, isomorphic, lintasan terarah, Euler digraf, aborescence, lintasan terpendek. Representasi graf, pewarnaan, enumerasi graf. Aplikasi graf.

-            Prasyarat:  Kalkulus 2

 

ISI 3103                               Basis Data                                     3 SKS

Pendahuluan: basis data, penggunaan dan pengguna basis data, karakteristik utama dari pendekatan basis data, arsitektur dan konsep sistem basis data, model-model data, schema dan instances, arsitektur Database Management System (DBMS), dan konsep kebebasan data. Pemodelan data dengan menggunakan "Entity Relationship" Model (Pemodelan ER). Pengaruh operasi peremajaan data pada relasi, definisi relasi, aljabar refasional dan contoh-contoh query dalam aljabar relasional, dan algoritma pemetaan model ER menjadi skema relasiol. SQL - Bahasa Basis Data Relasional: definisi data dalam SQL, berbagai query dalam SQL, perintah-perintah peremajaan data (update) dalam SQL. Konsep views dalam SQL, spesifikasi constraint tambahan. Ketergantungan fungsional dan normalisasi data untuk basis data relasional: beberapa petunjuk informal dalam desain basis data, ketergantungan fungsional, normalisasi data yang didasarkan pada primary keys, definisi umum:; bentuk normal ketiga (3NF), dan bentuk normal Boyce-Codd (BCNF). Algoritma-algoritma desain basis data dan ketergantungan; fungsionat lanjut.  Overview proses desain basis data: review peran sistem informasi dalam suatu organisasi, dan proses desain basis data. Konsep pemrosesan transaksi: pengantar pemrosesan transaksi, transaksi dan konsep sistem, sifat-sifat yang diinginkan dari transaksi, penjadualan dan recoverability, dan serializability dari penjadualan. Teknik Pengendalian konkurensi: teknik locking untuk pengendalian konkurensi. Teknik pemulihan kembali (recovery): konsep recovery, teknik recovery didasarkan pada deffered update, dan backup dan recovery basis data. Sekuritas dan otorisasi basis data: beberapa persoalan sekuritas basis data, dan pengendalian akses yang didasarkan pada privileges.

-            Prasyarat: Pengantar Teknologi lnformasi

 

ISI 3104         Organisasi dan Arsitektur Komputer                  3 SKS

Register-transfer dan micro-operation. Mikro operasi aritmatika, operasi logika, operasi pergeseran dan fungsi kontrol. Organisasi dan desain komputer sederhana: pengkodean instruksi, jenis jenis instruksi, pewaktuan dan pengendalian. Eksekusi instruksi, Input/Output dan interrupt, Desain rangkaian komputer sampai tingkat register. Perangkat lunak komputer: bahasa assembly, program loop, program operasi aritmatika dan logika, subroutine, pemrograman input/output. Organisasi processor: organisasi bus processor, arithmetic logic unit, organisasi stack, format instruksi. Mode pengalamatan, manipulasi dan transfer data, program kontrol, organisasi microprocessor, parallel processing. Organisasi pengendalian microprogram: pengendalian memory, pengurutan alamat. ontoh microprogram, microprogram sequencer, format microinstruction. esain processor aritmatika: pembandingan dan pengurangan, algoritma penjumlahan dan pengurangan. Algoritma perkalian dan pembagian: konfigurasi processor dan desain pengendaliannya. Algoritma aritmatika: aritmatika yang melibatkan bilangan complement, perkalian dan pembagian. Operasi aritmatika yang melibatkan floating point, unit aritmatika desimal dan operasinya. Organisasi input/output: antar-muka input/output, organisasi multiprocessor. Organisasi memory: memory mikrokomputer, hirarki memory, associative memory, virtual memory, cache emory, desain hardware memory management dan unit-unit fungsional, konsep-konsep operasional dasar, struktur bus, perangkat lunak, pembagian komputasi. Lokasi memori, pemberian alamat, dan cara pengkodean informasi, operasi memori utama, instruksi dan urutan instruksi, modus pengalamatan. Bahasa assembly, instruksi dan cara pengalamatan, pemrograman I/O sederhana, stack, subrutin. Beberapa konsep dasar eksekusi instruksi, pelaksanaan instruksi, urutan sinyal kontrol. Mikroinstruksi, pengelompokan sinyal kontrol, urutan mikroprogram, mikroinstruksi dengan medan alamat berikutnya. Awal pengambilan mikroinstruksi, emulsi, potongan bit. Pengaksesan peralatan 1/0, akses memori langsung, interupsi, penanganan interupsi. Pembolehan dan pembatalan interupsi, penanganan peralatan ganda, identifikasi peralatan, interupsi yang divektorkan. Penyarangan, interupsi, permintaan simultan, -penanganan peralatan ganda. Interface I/O, kontrol transfer data, contoh rancangan interface. scheduling bus, nubus, multibus, I/O channel. Representasi bilangan, penambahan bilangan positif, desain logika untuk adder, penjumlahan dan pengurangan. Aritmetika dan kondisi percabangan, perkalian bilangan positif, perkalian operand bertanda, pembagian integer, bilangan titik ambang dan operasinya. Beberapa konsep dasar memori, memori RAM semikonduktor, memori ROM semikonduktor, memori modul berganda dan berserakan. Memori cache, memori virtual, kebutuhan pengelolaan memori, perangkat keras pengelola memori. Piranti I/O, penyimpanan yang siap, file server.

Prasyarat:  Sistem Digital

 

ISI 2104                 Bahasa Pemrograman 2 - OOP                  3 SKS

Survey tentang beberapa teknik pemrograman beserta contoh kasus (pemrograman tak terstruktur, prosedural, modular, berorientasi obyek). Gambar umum C++. Class: interface dan implementasi, beberapa sifat class, constructor dan destructor, derived classes, abstract classes, contoh program. Multiple inheritance. Kontrol akses. Operator overloading, fungsi operator, konversi fipe yang didefinisikan user, pemasukan dan inisialisasi, subscripting, function call. Friends & members. Template. Penanganan kesalahan, diskriminasi exceptions, penamaan exceptions. Resource acquition, exception yang bukan error, spesfikasi interface.

Alternatif penanganan kesalahan. Sreams: output, input, formatting, file. Design dan pengembangan perangkat lunak. Design pustaka.

-            Prasyarat: BP 1, Struktur Data

-    

Isi 2003               Logika Informatika                          3 SKS

Kalkulus Proposisi, Deduksi Pada Kalkulus Proposisi, Himpunan, Kalkulus Predikat, Deduksi Pada kalkulus Predikat, Semantik dan Verfikasi Program, Logika Temporal, Pengantar Pemrograman Logika.

-            Prasyarat: -

 

ISI 2105                      Statistika Komputasi                             3 SKS

·          Peubah acak dan distribusi peluang

            Konsep peubah acak

            Distribusi peluang diskrit: uniform diskrit, binomial dan multi-nomial, hypergeometric

            Negative binomial dan Geometric, Poisson

            Distribusi Peluang Kontinyu: Uniform Kontinyu, Normal, Gamma, dan Eksponensial, Chi-squared, Weibull.

            Distribusi Peluang Gabungan

·          Ekspektasi Matematik

Rerata dari suatu peubah acak, Variansi dan Covariansi, Rerata dan Variasi dari kombinasi linier suatu peubah acak, Teorema Chebyshev’s.

·          Dasar Distribusi sampling

·          Sampling acak, Distribusi sampling, Distribusi sampling rerata, Distribusi sampling s2, Distribusi t, Distribusi F.

·          Estimasi satu sample dan Dua sample

Statistika Inferensi. Estimasi Rataan, Proporsi dan Variansi. Error Baku Estimasi Titik. Interval Prediksi. Limit Toleransi. Estimasi selisih dua rataan, Estimasi Rasio Dua Variansi, Estimasi selisih dua proporsi, Pengamatan Berpasangan.

o    Uji Hipotesis satu sample dan Dua sample

Hipotesis statistika, pengujian hipotesis statistika, uji rataan (variansi diketahui dan tidak diketahui), uji dua rataan, uji satu proporsi dan dua proporsi, uji satu variansi dan dua variansi, uji Goodness-of Fit, uji independensi, uji homogeneity.

o    Regresi Linier sederhana dan Berganda

Regresi linier, estimator least square, pemilihan model regresi, analysis of variance, korelasi, estimasi koefisien, inferensi pada regresi linier sederhana dan berganda.

-            Prasyarat: Kalkulus 1. 2 dan Matematika Diskrit

 

ISI 2106                         Sistem Informasi                                3 SKS

Pengantar Sistem informasi berbasis komputer: Manajemen informasi, data dan informasi, end-user computing, manajemen Mintzberg, Manajemen dan sistem, organisasi informasi, menjustifikasi Computer-Based Information System (CBIS), mengelola GBIS. Mencapai keunggutan kompetitif melalui teknologi informasi sumber daya informasi, pengelolaan sumber daya, informasi. Penggunaan sistem informasi dalam dunia usaha: dalam kuatitas produk dan asa, dalam persaingan pasar internasional, implikasi etis penggunaan teknologi informasi. Teori dan metodologi Sistem: model sistem umum perusahaan pendekatan sistem, metodologi siklus hidup sistem. Macam-macam Sistem Informasi berbasis komputer: Sistem Informasi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, Decision Support ystem, otomasi perkantoran,. Executive Information Systems.

-            Prasyarat: Basis Data

 

JTF 3101              Desain dan Analisis Algoritma                    3 SKS

Pengertian algoritma dan pengembangannya, Dasar-dasar algoritma, Metode desain algoritma, Algoritma dalam ilmu komputer. Komputasi dengan sifat graph, Enumerasi clan kombinasi, memperkirakan kondisi terbaik dan terjelek, Kompleksitas, Iaasifikasi algoritma NP-Complete.

-            Prasyarat: Struktur Data

-    

ISI 2107                     Teori Bahasa dan Otomata                    3 SKS

Mendefinisikan bahasa melalui regular expression: konsep dasar bahasa. Finite automata dan variannya: deterministic finite automata (DFA), minimisasi DFA. transition graph (TG), finite automata with output, teorema Kleene (untuk union, intersection & closure), bahasa regular, bahasa nonregular (pumpin lemma). Non Deterministic Finite Automata (NFA): konsep dasar, perbedaan dengan deterministic, konversi NFA ke DFA. Mendefinisikan bahasa melalui grammar: konsep dasar, identifikasi grammar, derivasi linier & parse tree, ambiguitas dan pencegahannya, membentuk finite automata dari context-free grammar (CFG) dan sebaliknya. Push Down Automata (PDA): konsep & mekanisme PDA, membentuk PDA dari CFG dan sebaliknya, bahasa bebas konteks & tidak bebas konteks, interkseksi & komplemen. Mesin Turing & variannya: konsep dasar & mekanisme kerja mesin post, Variasi pada mesin Turing (move-in-state, stay-option), teorema Minsky.

-            Prasyarat: Struktur Data, Matematika Diskrit

 

ISI 3106                Grafika Komputer                         3 SKS

Raster scan graphics : algoritma pembangkitan garis (DDA, Bresenham), algoritma pembangkitan lingkaran (Bresenham), algoritma pembangkitan ellips (Bresenham). Kurva bidang : repesentasi kurva, kurva parametrik dan nonparametrik, representasi parametrik dan non parametrik, representasi parametrik lingkaran, representasi parametrik ellipse. Transformasi dua dimensi : transformasi dan matriks, transfofmasi titik dan garis, rotasi, refleksi, scaling dan kombinasinya, transformasi affine dan koordinat homogeneous, prosedur penyelesaian permasalahan conic sections. Transformasi tiga dimensi : translasi, rotasi,scaling, transformasi komposit, fungsi transformasi 3 dimensi, transformasi koordinat. Kurva ruang: representasi kurva ruang, cubic splines, normalized cubic splines, permasalahan cubic spline, end condition, parabolic blending, kurva bezier, kurva b-spline periodik. Permasalahan kurva b-spline : b-spline curve fit, b-spline kurva subdivision, kurva b-spline rasional. Deskripsi dan pembangkitan surface : representasi surface, bezier surface, b-spline surface, rational b-spline surface. Penggambaran obyek geometrik dengan open GL: penggambaran primitif geometrik titik, garis dan polygon dalam 2 atau 3 dimensi, mengendalikan display dari primitif geometrik, penentuan vektor normal suatu titik pada surface obyek soild. Penggambaran bitmap font dan image : penggambaran data bitmap, penggambaran data image. Teknik viewing pada open GL : transformasi proyeksi, transformasi viewport, penambahan clipping plane, transformasi komposisi. Pewarnaan pada open GL: persepsi wama, RGBA versus color-index mode, penggunaan warna pada model shading. Pencahayaan pada open GL. Texture mapping: penentuan tekstur, modulating dan blending, assignment koordinat pada suatu tekstur. Evaluator : penggunaan evaluator untuk pembentukan kurva dan surface dasar. NURBS : penggunaan NURBS untuk pembentukan kurva dan surface kompleks.

-            Prasyarat: Algoritma Dan Struktur Data, Aljabar Linier Dan Matriks

 

ISI 3105                              Sistem Operasi                             3 SKS

Pendahuluan. Struktur sistem operasi : komponen-komponen sistem, jenis pelayanan sistem operasi, system calls, program sistem, struktur sistem, sistem virtual, desain dan implementasi sistem. PrOses: konsep proses, penjadualan proses, operasi pada proses, kerjasama antar proses, threads, komunikasi antar proses. Penjadualan proses: konsep dasar, kriteria penjadualan, algoritma-algoritma penjadualan, penjadualan multi-processor, penjadualan waktu nyata. Sinkronisasi proses: latar belakang, persoalan daerah kritis, sinkronisasi hardware, semaphore, sinkronisasi persoalan-persoalan klasik, daerah kritis, monitor, transaksi atomik. Deadlock. Manajemen memory: latar betakang, urutan alamat logikal dan fisikal, swapping, alokasi contiguous, paging, segmentation, segmentation dengan paging. Memory virtual: latar betakang, demand paging, kinerja demand paging, penggantian halaman, algoritma-algoritma penggantian halaman, alokasi frame, trashing. Sisfem file: konsep file, metode akses, struktur direktori, proteksi, konsistensi, struktur sistem file, metode alokasi, manajemen free-space, implementasi direktori, kinerja dan efisiensi, pemulihan kembali. Struktur media penyimpan sekunder: struktur disk, penjaduatan disk, manajemen disk, manajemen swap space, reliabilitas disk, implementasi stable-storage. Proteksi dan sekuritas: sasaran proteksi, domain proteksi, matriks akses, implementasi matriks akses, pencabutan hak akses, sistem yang didasarkan pada kapabilitas, persoalan sekuritas, otentikasi, ancaman program, ancaman sistem, pemantauan ancaman, enkripsi.

-            Prasyarat: Arsitektur dan Organisasi Komputer

-    

ISI 4104                            Praktikum Basis Data                      1 SKS

Entity Relationship Diagram, Normalisasi, Pengenalan Power Designer, Pembuatan CDM/PDM dan Generate Database, SQL, SQL Lanjut dan Konsep View, Storage Procedure, Trigger.

-            Prasyarat: Basis Data

 

ISI 3109                         Kecerdasan Buatan                           3 SKS

Cara representasi suatu problema, contoh problema dengan representasi node & link, representasi problema dengan metode ruang keadaan (state space). Contoh-contoh. Pemecahan masalah dengan metode reduksi masalah dan contohnya. Metode Deskripsi dan Pencocokan. Contoh untuk tes analogi. Penelusuran non optimal termasuk depth-first, breadth-first, Hill Climbing, Beam Search, Beam-first. Contoh aplikasi. Penelusuran optimal termasuk British Museum, Branch and Bound, modifikasi Branch and Bound dengan estimasi rendah dan Pemrograman Dinamik, prosedur A. Contoh-contoh. Prosedur optimasi untuk permainan: minimax dan alpha beta. Contoh-contoh. Kalkulus logika: kalkulus proposisional dan predikat teorema Wang. Aturan produksi, forward chaining, backward chaining, sistem pakar. Introduksi Prolog, contoh-contoh program dengan backtracking, menggunakan fakta dan aturan. Contoh suatu problema sistem pakar dengan prolog. Mekanisme jawaban "Mengapa" dan "Bagaimana". Frame dan jaringan Semantik. Propagasi konstrain dari contoh untuk pengenalan titik sambung (joint) obyek yang dibentuk permukaan datar. Pemahaman Bahasa: metode sintaktik dengan CFG, jaringan transisi. Contoh-contoh Pemahaman Bahasa dengan Metode Peran Tematik, Pengenalan metode semantik. Proses Pembelajaran dengan Analisis Perbedaan. Pembelanjaran dengan Penjelasan Pengalaman. Proses Pembelajaran denga Metode Multiple, Pembelajaran dengan Pohon Identifikasi. Proses Pembelanjaran dengan Jaringan Saraf: Introduksi. Beberapa metode Jaringan Saraf. Contoh-contoh aplikasi.

-            Prasyarat: Struktur Data, Matematika Diskrit, Aljaar Linear

ISI 3107                         Jaringan Komputer                            3 SKS

Pendahuluan : sejarah, manfaat, definisi dan terminologi. Model Referensi dan Protokol. Network Layer : permasalahan pada perancangan network layer, algoritma routing, algoritma pengendalian kemacetan, internetworking. Model Arsitektur Client-Server. Jaringan terdistribusi : konsep, RPC, XDR, perancangan perangkat lunak, prinsip-prinsip (ACID). Layer Aplikasi : pengamanan pada jaringan komputer, metode otentifikasi, enkripsi dan deskripsi, kompresi, kerberos, pembatasan akses, firewall, : SNMP, DNS, electronic mail, sendmail, SMTP, MMDF, UUCP, POP3, HTTP, WWW CGI, web server, mail server, FTP server, proxy server. Pengukuran kinerja jaringan. Studi kasus : Implementasi Client-Server dengan rekayasa hardware, software clan rekayasa software, faktor-faktor manusia dan rekayasa manusia, database dan rekayasa database, Analisis sistem, pemodelan dan arsitektur sistem, spesifikasi sistem. Dasar-dasar analisis kebutuhan: analisis kebutuhan (tugas-tugas analisis, analis), teknik-teknik komunikasi, prinsip-prinsip analisis, prototipe software, spesIfikasi. Analisis Terstruktur. notasi dasar dan ekstensinya (data flow diagram (DFD), ekstensi untuk, sistem waktu nyata, ekstensi ward and Mellor, pemodelan kelakuan, ekstensi untuk aplikasi berbasis data-intensive), prosedur analisis terstruktur kamus kebutuhan. Analisis dan Pemodelan berorientasi Obyek: konsep dasar, pemodelan analisis berorientasi obyek, pemodelan data.  

-            Prasyarat: Sistem Informasi

 

ISI 3108               Rekayasa Perangkat Lunak                         3 SKS

·     Pendahuluan : Definisi, manfaat dan perkembangan RPL.

·     Paradigma RPL

·     Metodologi Konvensional

·     Metodologi Berorientasi Objek

·     Manajemen Proyek Perangkat Lunak

-            Prasyarat:  Pengantar Teknologi Informasi  

 

JTF 3102                      Pemrograman API                              3 SKS

·    Konsep Dasar Pemrograman API

·    Merancang Aplikasi dengan API

·    Arsitektur MAPI, SAPI dan TAPI dan penerapannya

·    Pembuatan DLL

-            Prasyarat: BP-2, Sistem Operasi

 

Isi 3110                  Analisis Desain Terstruktur                       3 SKS

-      Sistem analis dan analisis sistem. Memodelkan proses. Memodelkan data : logical modeling (intisari dari sebuah sistem), ERD konvensi guidelines, menggunakan DRD untuk analisis sistem. Memodelkan proses: logical DFD, logical DFD konvensi dan guidelines, menggunakan logical DFD untuk analisis sistem. Contoh penggunaan logical DFD. Mendefinisikan data lojik dan kebutuhan informasi dalam sebuah kamus proyek. Mendefinisikan policy lojik dan prosedur dalam kamus proyek untuk analisis sistem. Mendefinisikan policy lojik dan spesifikasi proses dan implementasi kamus, Merancang dan membuat prototipe dari output dan kontrol. Merancang metode, prosedur, kontrol berbasiskan komputer : (metode, prosedur, dan kontrol pada sistem informasi baru, bagaimana memasang dan mengevaluasi sistem untuk mendokumentasi metode, prosedur, dan kontrol. Bagaimana mengimplemen dan mengevaluasi sebuah sistem informasi yang baru: bagaimana membangun sebuah sistem informasi baru, bagaimana memasang dan mengevaluasi sistem informasi baru, teknik analisis dan keuntungan. Ketrampilan yang melebihi kebutuhan untuk merancang dan menganalisa sistem : apakah manajemen proyek, teknik dan alat bantu untuk manajemen proyek, teknik untuk mendapatkan fakta-fakta yang ada, ketrampilan berkomunikasi untuk analis.

-            Prasyarat: Rekayasa Perangkat Lunak

 

ISI 4105                    Praktikum Sistem Operasi                     1 SKS

Terdiri dari beberapa modul yang merupakan tugas dalam kaitan dengan pengenalan sistem operasi, proses, file system, daemons, signal, dan client server.

-            Prasyarat: Sistem Operasi

 

ISI 2108                       Riset Teknologi Informasi                    3 SKS

Pengertian Operation Research dan Model, Program Linear, Program Dinamis, Model Transportasi, Analisa Jaringan.

-            Prasyarat:  Aljabar Linear Matrik, Matematika Diskrit

 

UPN 5001                        Kuliah Kerja Nyata                           2 SKS

 

Melatih mahasiswa secara aktual dan faktual dalam mengidentifikasi dan memberikan alternatif pemecahan permasalahan pembangunan yang kompleks sesuai disiplin ilmu.

-            Prasyarat: Minimal sudah menempuh mata kuliah sebanyak 100 SKS.

-            Pustaka: Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UPN “Veteran” Jatim

             

UPN 2013                          Metodologi Penelitian                    2 SKS

·          Arti dan macam berpikir, berpikir ilmiah, karangan ilmiah.

·          Tema, topik, tesis dan judul.

·          Klasifikasi, konseptualivasi, operasionalisasi.

·          Sistem, model, kohesi dan koherensi, sistematika.

·          Arti, isi dan luas pengertiannya; kata dan maknanya; kamus dan fungsinya; definisi.

·          Kalimat efektif; arti dan cirinya.

·          Kalimat efektif dan variabel pendukungnya.

·          Arti, syarat dan macam paragraf.

·          Paragraf atau wacana eksposisi

·          Pikiran/kalimat penjelas: contoh analogi testimoni, statistik, perulangan

·          Penalaran, deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi, persuasi

·          Tanda baca dan ejaan.

·          Kutipan

·          Referensi/pustaka.

-            Prasyarat: -

 

ISI 3112       Analisis Desain Berorientasi Obyek                     3 SKS

Paradigma Orientasi Obyek, Mengapa OOA dan OOD dibutuhkan (tinjauan dari segi ekonomi dan kualitas perangkat lunak). Konsep pengembangan perangkat lunak berorientasi obyek, Metodologi-metodologi Obyek. Notasi dan diagram OO. lmptementasi diagram OO -ke OOPL dan/atau Visual Programming. Pengantar OOA Memodelkan kebutuhan (requirements), Membangun Model Obyek, OOA menurut metodologi VMT. Mencari kelas dan obyek, Mengidentifikasi struktur, Mengidentifikasi subyek, Mendefinisikan atribut. Model dinamis. Obyek Persisten (OODB vs RDB), Memetakan obyek ke bentuk skema relasional (RDB), Memetakan kelas obyek ke tabel, Memetakan asosiasi dan agresi ke tabel, memetakan generalisasi ke tabel. OOD menurut metodologi VMT. Merancang sistem,  Merancang obyek, Merancang persistensi obyek, Merancang akses ke basis data. Studi kasus untuk melatih: Merancang sistem, Merancang obyek, Merancang keputusan-keputusan dan strategi implementasi, merancang persistensi obyek dengan RDB, Menyempumakan model obyek dengan diagram OO. Teknoiogi obyek : Sistem terdistribusi, Permasalahan dan  pendekatan dalam sistem terdistribusi, Penempatan data dan fungsi, obyek terdistribusi (metode dan aplikasi), overview PC< SOM dan DSOM, CORBA. Merancang obyek terdistribusi menurut metodologi VMT. Merancang (arsitektur, teknologi, merancang subsistem dan penempatannya), Merancang obyek, Merancang persistensi obyek dengan SOM.

-            Prasyarat:  Rekayasa Perangkat Lunak

 

ISI 3113                         Basis Data Lanjut                               3 SKS

·    Introduction: entity, subtype, supertype, attribut, relationships, conceptual & physical Model

·    Active Database: active database concept, trigger, integrity management, derived data maintenance, businens rules

·    Case Study: manufacturing, health care, financial services, travel

·    Query Processing & Database Administration: Complex Query, Query Optimation, Backup Recovery

·    Temporal Database

·    Distributed Database

·    Data Warehouse & Olap

-            Prasyarat: Basis Data

 

ISI 4106                    Praktikum Jaringan Komputer                1 SKS

Terdiri dari beberapa modul yang merupakan tugas dalam kaitan dengan Aplikasi jaringan berbasis TCP/IP dan UDP, File Transfer antar komputer dengan menggunakan socket, File Transfer dengan RPC, dan Setting TCP/IP, 1P-Masqurade dan Filtering.

-            Prasyarat: Jaringan Komputer

 

ISI 3111                  Interaksi Manusia Komputer                     3 SKS

-      Manusia sebagai suatu sistem. Sistem Komputer, Model kerja sistem interaksi, ergonomi, prinsip-prinsip dan paradigma. Proses desain: siklus hidup software, aturan-aturan desain, rekayasa kegunaan, iterasi dan prototip desain, rasionalisasi desain. Pembentukan model dalam desain: model kognitif, tujuan dan hirarki pekerjaan, model linguistik, problematika sistem berbasis tampilan, model fisik dan alat, arsitektur kognitif. Analisis pekerjaan. Desain dan notasi dialog. Pemodelan sistem: standar formal, model interaksi, analisis status dan kejadian. Implementasi: elemen sistem jendela, memprogram aplikasi, menggunakan alat bantu, sistem manajemen antar-muka pengguna. Evaluasi: pengertian evaluasi, tujuan evaluasi, teknik evaluasi, evaluasi desain, evaluasi implementasi, pemilihan metode evaluasi. Dokumentasi: kebutuhan dari pengguna, pendekatan pada pengguna, sistem bantuan pintar, desain bantuan terhadap pengguna.

-            Prasyarat: Bahasa Pemrograman Lanjut

-    

UPN 5002                              Kewirausahaan                          2 SKS

Matakuliah Kewirausahaan dilaksanakan dalam rangka memberi pembekalan bagi mahasiswa khususnya terkait dengan sektor Teknologi Informasi dan Komputer, dan secara kewirausahaan secara umum.

Prasyarat: -

UPN 4007                     Praktek Kerja Lapangan                     2 SKS

Praktek Kerja Lapangan dilakukan dalam waktu minimal satu bulan di suatu perusahaan yang telah memperoleh ijin sebelumnya. Membuat laporan hasil kerja praktek sesuai dengan format yang telah ditentukan oleh Program Studi. Ujian lisan terhadap pelaksanaan dan laporan kerja praktek.

Prasyarat: Minimal sudah menempuh mata kuliah sebanyak 80 SKS

ISI 3114                         Pemrograman Nirkabel                     3 SKS

·    Dasar - dasar Transmisi: Sinyal pembawa informasi, Transmisi Analog dan digital, Kapasitas channel, Media transmisi, Multiplexing

·    Communication Networks: LAN, MAN, dan WAN, Teknologi Switching

·    Protocols and the TCP/IP Suite: Arsitektur protocol CSI, Arsitektur protocol, TCP/ IP

·    Antennas and Propagation: Antennas, Mode propagasi, Transmisi Line-of-Sight, Mobile Environment.

·    Signal Encoding Techniques: Signal Encoding Criteria, Digital Data, Analog Signals, Analog Data, Analog Signals, Analog Data, Digital Signals.

·    Spread Spectrum: Konsep Spread Spectrum, Frequency Hopping Spread Spectrum, Direct Sequence Spread Spectrum, Code-Division Multiple Access, Generation of Spreading Sequences.

·    Coding and Error Control: Error Detection, Block Error Correction Codes, Convolutional Codes, Automatic Repeat Request.

·    Satellite Communications: Satellite Parameters and Configurations, VSAT, Capacity Allocation-Frequency Division, Capacity Allocation-Time Division.

·    Cellular Wireless Networks: Principles of Cellular Networks, First Generation Analog, Second Generation TDMA, Second Generation CDMA, Third Generation Systems.

·    Cordless Systems and Wireless Local Loop: Cordless Systems, Wireless Local Loop, IEEE 802.16 Fixed Broadband, Wireless Access Standard.

·    Mobile IP and Wireless Access Protocol: Mobile IP, Wireless Application Protocol.

·    Wireless LAN Technology: Overview, Infrared LANs, Spread Spectrum LANs, Narrowband Microwave LANs.

·    IEEE 802.11 Wireless LAN Standard: IEEE 802 Protocol Architecture, IEEE 802.11 Architecture and Services, IEEE 802.11 Medium Access Control, IEEE 802.11 Physical Layer.

·    Bluetooth: Overview, Radio Specifications, Baseband Specification, Link Manager Specification, Logical Link Control and Adaptation Protocol.

Prasyarat: Sistem Operasi, Jaringan Komputer

ISI 3115                  Pemrograman Berbasis Web                    3 SKS

·          Pendahuluan

  Konsep client server pada pemrograman web

  Object-object pada HTML

  Pemrograman client side HTML dengan javascript

·          Active Server Pages (ASP) 1

  Variabel, cookie, session, application

  Control Program: Perulangan, percabangan, procedure,

  ASP Object: Response, Request, Server, Error

·          Active Server Pages (ASP) 2

  Variabel, cookie, session, application

  Control Program : Perulangan, percabangan, procedure, - ASP Object: Response, Request, Server, Error

·          Demo Tugas ASP

Implementasi aplikasi ASP pada studi kasus Sistem Informasi

·          PHP

·          Demo Tugas PHP

Implementasi aplikasi PHP pada studi kasus Sistem Informasi

·          XML

·          Java Server Pages

·          Demo Tugas JSP

Implementasi aplikasi JSP pada studi kasus Sistem Informasi

·          ASP.NET

·          Demo Tugas ASP.NET

Implementasi aplikasi ASP.NET pada studi kasus Sistem Informasi

·          Web Services

·          Demo Tugas Web Services

Implementasi aplikasi Web Services

Prasyarat: Bahasa pemrograman Lanjut

JTF3103                  Proyek Perangkat Lunak             3 SKS

·    Persiapan

·    Rencana Pengembangan

·    Analisis

·    Perancangan

·    Coding

·    Testing

·    Finalisasi Projek

Prasyarat: Rekayasa Perangkat Lunak, Analisis dan Desain Terstruktur, Analisis dan Desain Berorientasi Obyek

UPN 3001                           Pra Tugas Akhir                            1 SKS

Mengkonsolidasikan secara komperhensif semua pengetahuan yang telah diperoleh selama perkuliahan guna menganalisis dan menyelesaikan persoalan tertentu sesuai dengan bidang minat yang tetah dipitih. Tugas akhir harus disusun secara tertulis sesuai dengan aturan tata tulis ilmiah yang telah ditentukan oleh Program Studi, yang kemudian harus dipertanggungjawabkan baik melalui ujian seminar (terbuka untuk umum) dan ujian lisan yang dilaksanakan secara tertutup.

Prasyarat: Minimal sudah menempuh sebanyak 100 SKS ( minimal ada 3 mata kuliah pilihan)

UPN 3003                  SKRIPSI/Tugas Akhir                              4 SKS

 

Mengkonsolidasikan secara komperhensif semua pengetahuan yang telah diperoleh selama perkuliahan guna menganalisis dan menyelesaikan persoalan tertentu sesuai dengan bidang minat yang tetah dipitih. Tugas akhir harus disusun secara tertulis sesuai dengan aturan tata tulis ilmiah yang telah ditentukan oleh Program Studi, yang kemudian harus dipertanggungjawabkan baik melalui ujian seminar (terbuka untuk umum) dan ujian lisan yang dilaksanakan secara tertutup.

Prasyarat: Minimal sudah menempuh mata kuliah sebanyak 130 SKS yang di dalamnya minimal terdapat tiga mata kuliah pilihan.

ISI 4007                 Komputer dan Masyarakat                          2 SKS

Pendahuluan, Peraturan kuliah, silabus/materi, aturan penilaian, dll., Resiko bidang TI

Resiko dari sistem berbasis komputer.Kejahatan Komputer, Komputer dan kriminalitas.

Aplikasi komputer di berbagai bidang

Penggunaan komputer dalam bidang industri

Penggunaan komputer dalam bidang kesehatan

Penggunaan komputer dalam bidang perbankan

Penggunaan komputer dalam bidang pendidikan

Penggunaan komputer dalam bidang kemiliteran

Penggunaan komputer dalam bidang pemerintahan

Penggunaan komputer dalam bidang telekomunikasi

Penggunaan komputer dalam bidang hiburan/entertainment

Penggunaan komputer dalam bidang politik

Penggunaan komputer dalam bidang lainnya

·       Penutup

Prasyarat: Pengantar Teknologi Informasi, Sistem Informasi

 

ISI 4008                           Etika Profesi                         2 SKS

Overview tentang Etika

Etika bagi profesional IT dan pengguna IT

Komputer dan kejahatan komputer

Privasi dalam penggunaan komputer dan Internet

Kebebasan berekspresi di Internet

Properti Intelektual

Etika mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah, ujian semester, dan Tugas Akhir

Prasyarat : Pengantar Teknologi lnformasi 

UPN 5001                       Interpersonal Skill                              2 SKS

Pengertian dan ruang lingkup Interpersonal skill, Sejarah perkembangan ilmu interpersonal skill,

Pengertian interpersonal skill sebagai suatu proses

Prasyarat: -

ISI 3117                     Pengolahan Citra Digital                       3 SKS

Tujuan:

·   Memberikan pemahaman tentang pengolahan dan analisis citra untuk berbagai aplikasi.

·   Memberikan teori dan teknik yang digunakan untuk pengolahan citra digital.

·   Peserta mata kuliah mengenal teori sampling citra 2 dimensi, transformasi diskrit 2 dimensi, perbaikan dari informasi citra, restorasi dari distorsi citra dan kompresi citra.

·   Peserta mata kuliah mengenal dasar-dasar representasi, pengolahan, dan analisis citra digital 2 dimensi.

·   Peserta mata kuliah mampu dan menguasai penerapan dari teori pengolahan citra digital

Materi:

·   Dasar-dasar Pengolahan Citra Digital

·   Perbaikan Citra (Image Enhancement)

·   Restorasi Citra (Image Restoration)

·   Kompresi Citra (Image Compression)

·   Segmentasi Citra (Image Segmentation)

·   Pengenalan Obyek (Object Recognition)

Prasyarat: Kalkulus 2, Statistika Komputasi

ISI 3118                   Pengamanan Jaringan                            3 SKS

·     Teknik enkripsi klasik: symmetric cipher model, substitution, transposition, rotor, steganography

·     Block ciphers & DES

·     Pengenalan sistem Finite: group, rings, fields, modular arithmetics, euclids algorithms, polynomial arithmetic

·     Contemporary Symmetric Ciphers: Triple DES, Blowfish, RC5

·     Pemakaian Symmetric Encryption: penempatan fungsi enkripsi, traffic confidentiality, key distribution, random number generation

·     Pengenalan Number Theory: prime numbers, Fermat theorem, Euler's theorem, testing for primality

·     Public Key Cryptography and RSA

·     Key Management: other public key cryptosystem           

·     Message authentication and hash functions

·     Hash Algorithm

·     Digital signatures and authentication protocols

-   Prasyarat:

-          Jaringan Komputer

 

 
 
Joomla 1.5 Templates by Joomlashack